Cara Usaha Warung Kopi Pinggir Jalan

Usaha Warung Kopi Pinggir Jalan - Usaha warung kopi merupakan salah satu usaha yang tidak memerlukan modal yang besar usaha ini juga sangat mudah dijalankan.

Pasti Anda pernah melihat penjual-penjual kopi sederhana yang biasanya mereka berjualan di pinggir jalan atau ditempat-tempat tongkrongan anak muda meskipun sederhana tetapi keuntungan yang mereka dapatkan terbilang lumayan besar apalagi jika membukanya 24 jam non stop.

warung kopi


Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia terutama kalangan anak mudah dan orang tua biasanya mereka menyantap sambil bersantai ditemani dengan makanan camilan.

Minuman ini akan lebih nikmat jika disantap pada saat musim hujan atau pada malam hari dimana keadaan cuaca sedang dingin.

Tahukah Anda saat Indonesia berada di peringkat ke 3 setelah Brazil dan Vietnam sebagai negara dengan pemasok kopi terbesar di dunia.

Meskipun demikian kualitas kopi di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara tersebut jadi apabila Anda ingin membuka usaha warung kopi tidak perlu khawatir kehabisan stok kopi.

Cara Membuka Usaha Warung Kopi Sederhana

Apabila Anda tertarik dengan usaha kecil-kecilan ini berikut saya berikan beberapa cara supaya usaha kopi yang Anda jalankan bisa laris di pasaran.    

1. Pilihlah tempat yang tepat

Tempat salah satu faktor penentu laris atau tidaknya usaha Anda, karena tempat juga menentukan target pasar Anda.

Di kampung saya mereka yang berjualan kopi biasanya berada di pinggir perempatan jalan dan pasar karena ditempat tersebut selalu ramai oleh orang yang beraktivitas dan mereka sering berkunjung ke tempat tersebut untuk beristirahat.

Tidak hanya siang dan pagi hari saja pada saat malam hari pun biasanya banyak para pedagang sayuran yang berjualan dari jam 3 pagi sampai jam 6 pagi mereka para penjual sayuran mulai berdatangan dari jam 12 malam.


Nah pada jam-jam tersebut udara pasti akan dingin oleh karena itu tidak sedikit dari mereka sering menyempatkan untuk berkunjung ke warung kopi sambil menunggu pagi tiba.       

Tetapi apabila Anda tidak ingin berjualan di pasar atau pinggir jalan Anda juga bisa menjualnya di perkampungan biasanya disetiap kampung masing-masing memiliki tempat nongkrong anak muda tidak sedikit dari mereka yang juga melakukan begadang nah Anda bisa menjualnya ditempat dimana anak muda sering berkumpul.

2. Sediakan makanan camilan        

seperti yang telah kita ketahui minuman kopi akan lebih nikmat jika disantap dengan makanan camilan atau biasa disebut snack, nah disini Anda juga bisa menjual camilan-camilan seperti keripik singkong, keripik pisang, atau pun aneka gorengan lainnya buatlah makanan ringan dengan harga terjangkau karena hal ini bisa menjadi tambahan penghasilan bagi usaha warung Anda.

3. Sediakan fasilitas yang nyaman untuk pelanggan

poin ke tiga ini juga tidak kalah penting dari kedua poin diatas, coba bayangkan apabila Anda ingin berkunjung ke warung kopi ditempat tersebut ada 2 warung.

warung pertama menyediakan bangku yang empuk dan ada TV kemudian warung ke dua hanya menyediakan tempat duduk untuk pelanggan saja.           

Mana yang Anda pilih? Tentu jika saya disuruh memilih saya akan memilih warung yang menyediakan bangku empuk dan juga TV karena saya bisa bersantai dengan nyaman disana.

Jadi, sediakanlah tempat yang nyaman untuk pelanggan supaya pelanggan betah berlama-lama di warung Anda apabila Anda tidak memiliki TV Anda bisa menyediakan musik yang telah dihubungkan dengan sound kecil tetapi apabila warung Anda berada di perkampungan yang dekat dengan rumah warga sebaiknya atur volume supaya tidak mengganggu warga sekitar pilih lah musik yang santai atau musik yang sedang trend di daerah Anda.

Anda bisa menyesuaikan dengan pelanggan yang datang apabila pelanggan datang dari anak muda pilih lah musik anak muda tetapi apabila pelanggan Anda datang dari kalangan orang tua pilih lah musik-musik jadul atau musik dangdut.          

4. Berkomunikasi dengan pelanggan         

Cobalah untuk selalu berinteraksi atau ngobrol dengan pelanggan supaya pelanggan nyaman ditempat Anda jika komunikasi terjalin dengan baik tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan setia Anda dan menjadi tempat tongkrongannya selain itu dengan berkomunikasi Anda juga bisa mendapatkan hal-hal baru dari pelanggan.      

5. Layani pelanggan dengan sopan, ramah dan murah senyum 

seperti yang telah kita ketahui pelanggan bagi pengusaha-pengusaha besar maupun kecil adalah seorang raja yang harus dilayani dengan sebaik-baiknya, karena tanpa pelanggan usaha apapun yang Anda jalankan tidak akan berjalan baik.   

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk selalu melayani pelanggan dengan sopan, ramah, dan murah senyum terimalah kritikan yang mereka utarakan karena kritikan bisa membangun usaha Anda menjadi lebih baik lagi sesuai dengan yang diharapkan pelanggan.

Misalnya pelanggan memberikan kritikan bahwa kopi yang Anda sajikan terlalu penuh airnya sehingga rasa kopi tidak terasa enak di lidahnya segeralah kurangi takaran air yang Anda sajikan supaya rasa kopi dapat dirasakan dengan baik.   

6. Promosikan           

Setiap usaha yang baru dibuka tentu tidak akan mendapatkan pelanggan yang ramai apalagi jika Anda membukanya didaerah tempat tinggal orang lain.   

Oleh karena itu promosikan warung Anda dari mulut ke mulut mulai dari keluarga sampai teman-teman Anda, selain itu pasanglah spanduk yang telah didesain dengan gambar kopi yang unik supaya orang yang melihat warung Anda tertarik dan penasaran untuk mencicipinya.

Nah itulah beberapa tips supaya warung kopi Anda laris manis di pasaran, meskipun usaha kecil-kecilan janganlah malu untuk menjalankannya karena mereka yang sukses juga banyak yang berawal dari usaha kecil-kecilan.


Siapa tau di kemudian hari Anda bisa membuka warung kopi yang lebih modern dan berbeda dari yang lain yang terpenting tetaplah konsisten dan fokus pada usaha yang Anda jalankan dan memiliki keinginan untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar.


Cara pengolahan kopi itu tidaklah mudah dan butuh langkah atau tahap pemprosesan yang cukup panjang. Seperti untuk mengolah kopi butuh mesin pengolahan biji, kemudian digiling menggunakan grinder kopi. Kami telah menyediakan semua alat kebutuhan dalam proses pembuatan kopi, bisa kunjungi mesin kopi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat biji kopi hijau untuk kesehatan tubuh

cara membuat roti kopi mocca ala roti boy