Beginilah proses pembuatan kopi luwak yang termahal didunia

proses pembuatan kopi luwak – Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak.

Kopi Luwak

1. Persiapan pemberian pakan Biji Kopi Merah (Sortir tahap 1)


Dataran tinggi lampung barat merupakan daerah penghasil biji kopi utama di propinsi lampung yang sangat terkenal akan kualitas biji kopi nya.

Biji kopi berkualitas ini akan dipetik khusus untuk yang berwarna merah saja dan benar-benar segar.

Yang selanjutnya akan di sortir untuk memisahkan buah kopi yang busuk dengan cara melakukan perendaman, biji kopi yang baik akan tenggelam di dalam air, sementara yang busuk akan mengapung.

2. Pemberian Pakan          



Buah kopi merah yang telah disortir dengan cara perendaman selanjutnya dibagikan kedalam wadah untuk diberikan kepada musang / luwak.

Dalam hal ini, peternakan di lampung barat menggunakan musang / luwak jenis binturong dan bulan yang mana dari beberapa jenis musang yang ada, hanya kedua jenis ini yang merupakan pemakan kopi.

Dalam Proses ini, musang / Luwak sangat berperan penting dimana indra penciuman akan digunakan dalam mensortir buah kopi dengan tingkat kematangan sempurna yang mana musang / luwak ini menyukai rasa manis dari buah kopi yang benar-benar matang.

Biji kopi yang benar-benar tertelan selanjutnya mengalami proses fermentasi didalam lambung musang yang selanjutnya akan dikeluarkan kembali bersama dengan kotoran (kopi luwak).

 3. Pemanenan kopi luwak dan penjemuran                 


Setelah dilakukan pemanenan, terdapat dua pilihan dalam menghasilkan biji kopi kering.

Yakni dengan menjemur langsung kotoran luwak (kopi luwak basah) tersebut langsung untuk menghasilkan kotoran kering kopi luwak (raw beans).

Atau dengan dilakukan pencucian terlebih dahulu untuk mensucikan kopi tersebut sesuai anjuran MUI untuk kemudian diijemur dan menghasilkan gabah kopi luwak       (untuk penyucian dengan metode penjemuran langsung untuk menghasilkan raw beans akan dijelaskan kemudian)

4. Penggilingan dan pemilihan biji kopi luwak (sortir tahap 2)    



Setelah dilakukan proses pengeringan yang kemudian dihasilkan product raw beans atau gabah kopi luwak.

Proses selanjutnya adalah penggilingan, kemudian setelah selesai di giling, biji kopi luwak akan dipilih dan disortir untuk memisahkan biji kopi utuh dan pecah akibat penggilingan ataupun pembusukan biji kopi pada waktu pengeringan.
Proses sortir ini dilakukan secara manual untuk menghasilkan biji kopi siap goreng yang berkualitas (greenbeans)

5. Luwak Peaberry, biji kopi terlangka didunia (sortir tahap 3)


Apakah anda tahu biji kopi yang paling langka? Ya luwak peaberry atau biasa disebut kopi lanang dalam bahasa jawa, mengapa langka?

Selain biji kopi ini berasal dari biji kopi luwak yang dalam pembuatannya memerlukan proses panjang dengan jumlah terbatas.

Luwak peaberry ini disortir secara manual untuk mendapatkan biji kopi tunggal dari ribuan butir biji kopi luwak yang telah kering, jumlah biji kopi ini sangat terbatas.

6. Penyucian -  penggorengan biji kopi luwak (Roasting) 



Bagi umat muslim, kehalal-an adalah hal penting yang harus diperhatikan.

Sebelumnya saya telah menyinggung mengenai penyucian yang dapat dilakukan dengan dua versi yakni penyucian dengan pencucian kotoran langsung seperti yang dijelaskan dalam pembuatan gabah kopi luwak.
      
 lalu bagaimana penyucian ini dilakukan jika proses pembuatan melalui proses pembuatan raw beans?

Jawabnya adalah pencucian yang dilakukan sebanyak 7x yang salah satunya di campur tanah seperti tuntunan dalam syariat Islam sebelum dilakukan penggorengan (roasting).

Anda dapat memilih berbagai karakter penggorengan roasting sesuai selera anda dengan minimum order tertentu.

7. Pembubukan Pengemasan            



Proses pembubukan dapat dilakukan dengan cara manual menggunakan penumbuk yang dalam bahasa traditional di sebut lesung atau dilakukan dengan cara modern menggunakan alat.

Setelah diperoleh bubuk kopi luwak, selanjutnya akan dikemas dengan menggunakan aluminium foil.


Penggunaan kemasan dengan bahan aluminium foil dapat menjaga kesegaran kopi baik kualitas maupun aroma yang menjaga keawetan kopi tersebut dalam waktu yang relatif lama.


Cara pengolahan kopi itu tidaklah mudah dan butuh langkah atau tahap pemprosesan yang cukup panjang, dan kami telah menyediakan semua alat kebutuhan dalam proses pembuatan kopi, bisa kunjungi mesin kopi atau rumah mesin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Usaha Warung Kopi Pinggir Jalan

Manfaat biji kopi hijau untuk kesehatan tubuh

cara membuat roti kopi mocca ala roti boy